Minggu, 08 Agustus 2010

Pentingnya Menampilkan Daftar Isi dan Artikel Terkait di Blog

Sebagian dari kita (blogger) tentunya ingin agar blog yang kita urus ini ada sedikit kemajuan dalam beberapa hal, kita mulai saja dari hal yang paling sederhana tapi memberikan manfaat yang besar untuk sebuah blog, terutama di sini saya ingin membahas tentang Pentingnya Menampilkan Daftar Isi dan Artikel Terkait di Blog untuk menaikkan Page View (suatu halaman artikel/postingan yang diakses/dibaca/dilihat oleh para pengunjung/pembaca).

Menyinggung tentang Page View maka sedikit banyak akan menyinggung yang namanya Artikel/Postingan dalam suatu Blog, entah itu diluar berbobot atau tidaknya artikel tersebut (terserah penilaian seseorang untuk memandang sebuah artikel).

Aransemen logikanya seperti ini:
Kita anggap saja artikel itu adalah sebuah menu makanan pada suatu restoran, di mana kalau di restoran tentu akan ada jenis menu yang lainnya juga, ketika ada tamu yang berkunjung dan ingin menikmati jenis-jenis menu tersebut, kita sebagai pelayan/server/tuan rumah/owner restoran apakah harus terpaku untuk menyodorkan pada satu jenis menu makanan saja? Tentu tidak kan jawabannya, padahal masih banyak menu-menu menarik lainnya yang bisa kita sodorkan.

Nah, agar menu-menu tersebut terlihat komplit (lengkap) maka kita harus menyodorkan menu lainnya agar si tamu tadi tidak jadi pindah ke restoran lain, lalu apa yang kita lakukan? Kalau di restoran itu dikenal dengan yang namanya Daf-Men (Daftar Menu), kita sodorkan saja Daftar Menu tersebut pada tamu tadi agar mereka bisa memilih sesuka hati menu apa yang ingin mereka cari.
Nah untuk blog, kita sebut fungsi Daftar Menu itu sebagai Fungsi Daftar Isi dan Artikel Terkait yang nantinya akan memberi kebebasan untuk para pengunjung/pembaca untuk menikmati semua artikel yang ada di dalam blog. Untuk melihat daftar statistik Page View silahkan baca lagi Manfaatkan Menu Stats Blogger in Draft Untuk Melihat Perkembangan Statistik Blog.

Sekarang kita beralih pada beberapa manfaat dan pengaruh dari Pentingnya Menampilkan Daftar Isi dan Artikel Terkait di Blog:

1. Artikel Pada Suatu Blog Akan Lebih Populer,

Artikel bisa populer? Tentu saja bisa, apalagi itu jenis artikel yang lagi diburu oleh pembaca, nah dengan menampilkan daftar isi dan artikel terkait lainnya tentu saja artikel yang dimaksud akan lebih mudah ditemukan.

2. Artikel Yang Lama Akan Lebih Mudah Ditemukan Lagi,

Terkadang saya berfikir begini, artikel yang dulu pertama kali saya buat kira-kira masih dibaca nggak ya oleh para pengunjung, tentunya tidak lucu kalau artikel lama tersebut setelah dibuat hanya hangat di waktu itu saja.

3. Para Pengunjung/Pembaca Akan Lebih (secara) Bebas Menemukan/Mencari Artikel Tanpa Harus Mengetikkan Keyword,

Untuk penjelasan ini silahkan dibaca lagi aransemen logika di atas.

4. Angka pada Alexa Ranking Akan Mengecil,

Salah satu indikator mengecilnya Alexa Ranking adalah dari seberapa tinggi aktivitas Page View yang di akses oleh para pengunjung pada suatu blog (selain dari traffic yang mengalir deras pada suatu blog). Ini untuk teman-teman yang selalu memperhatikan "Kenapa Ya Alexa Ranking Blog Saya Masih Gede", apabila menganggap Alexa Ranking "Tidak Penting", hiraukan saja bagian ini.

5. Blog Akan Terlihat Lebih Profesional,

Maksud profesional di sini bukan sebagai ahli/master atau istilah terkait lainnya, tapi yang dimaksud dengan Profesional di sini adalah blog yang memberikan menu artikel secara komplit dan lengkap pada para pengunjung/pembaca sehingga akan membuat mereka merasa betah dan nyaman karena kita selalu menyuguhkan dengan banyak menu artikel yang secara bebas bisa mereka pilih.

6. Blog Akan Lebih Atraktif.

Jika para pengunjung bisa secara bebas memilih artikel-artikel yang mereka rasa itu penting bagi mereka maka jelas saja itu terlihat atraktif karena tidak terpaku pada satu artikel saja lalu. Karena kita selaku owner blog ingin artikel kita yang lainnya dibaca juga oleh para pengunjung/pembaca.

Untuk membuat Daftar Isi dan Artikel Terkait bisa dibaca lagi tentang:

Daftar Isi:
1. Cara Membuat Daftar Isi Artikel di Blogspot [Edit CSS Templates],
2. Cara Membuat Daftar Isi Scroll Down Sesuai Label Dengan Tambahan Icon New Post di Blogspot,
3. Cara Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Bulan dan Tanggal Posting.

Artikel Terkait:
1. Cara Membuat Artikel Terkait Dengan Kolom Scroll Down di Bawah Postingan Blogspot,
2. Cara Membuat Artikel Terkait - Related Post Part II [With New Style].

NB. Bisa juga untuk menaikkan Page View dengan membuat Internal Link pada tiap-tiap artikel, untuk lebih lanjut silahkan baca lagi "Internal Link Building", untuk melihat Daftar Isi blog ini silahkan lihat di sini "Daftar Isi Blog Lengkap".

Ok, itulah beberapa manfaat dan pengaruh dari Pentingnya Menampilkan Daftar Isi dan Artikel Terkait di Blog yang bisa saya share kepada teman-teman semua sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua, salam. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar