Kamis, 19 Agustus 2010

Blogger's Spam Detection, Fitur Terbaru Blogger

Seperti yang kita tahu bahwa Blogger (blogspot) merupakan salah satu flatform blog sangat populer dikalangan para blogger selain Wordpress dan lain-lainnya. Beberapa fitur sedikit demi sedikit telah diaktifkan yang tentu manfaat kedepannya untuk memfasilitasi kita (blogger pengguna blogspot) agar lebih bisa mengoptimalkan blog.

Kali ini Blogger telah mengaktifkan (membuat) suatu fitur baru yaitu Blogger's Spam Detection, sebuah fitur yang akan mengelompokkan (mengklasifikasi) komentar-komentar yang bersifat SPAM. Sebelumnya, Blogger sangat rentan dengan komentar SPAM karena dulu tidak ada fasilitas untuk mem-filter komentar-komentar tersebut.

Nah, berbeda sekali dengan flatform Wordpress yang notabene sudah include sebuah plugins 'AKISMET' yang secara otomatis akan memfilter komentar yang berbau SPAM. Tapi sekarang kita (blogger pengguna blogspot) sudah bisa berbangga hati karena sekarang fitur Blogger's Spam Detection sudah ada.



Seperti yang dikutip dari forum Google - Blogger:


Blogger now filters comments that are likely spam comments to a Spam Inbox, much like the spam folder in your email. When someone leaves a comment on your blog, it will be reviewed against our spam detector, and comments that are identified as possible spam will be sent to your blog’s Spam Inbox, found at Comments | Spam.

Kurang lebih terjemahannya seperti ini:

Blogger sekarang memiliki sebuah fitur filter komentar yang nantinya akan masuk ke bagian SPAM, sama seperti Folder Spam di Email Google. Ketika seseorang akan meninggalkan komentar di blog anda, maka komentar tersebut akan ditinjau terlebih dahulu oleh detektor Spam kami, dan komentar yang bersifat Spam akan dikirim ke Inbox Spam.

Untuk mengaktifkan fitur
Spam Detection ini, terlebih dulu kita harus mensetting pada bagian Comments, yaitu bagian Moderations (Moderasi Komentar). Moderasi komentar harus diaktifkan dengan cara: klik Settings >> Comments >> Comment moderation >> Always

lihat pict



Nah buat teman-teman yang ingin memproteksi blognya dari para komentator Spam, maka sebaiknya fitur ini diaktifkan diblognya (semua komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu).


Fitur Blogger lainnya lihat di sini:

1. Stats Blogger in Draft [Perkembangan Statistik Blog]


Ok, semoga informasi tentang Blogger's Spam Detection, Fitur Terbaru Blogger ini bisa bermanfaat untuk kita semua (pengguna flatform Blogger). Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar