Selasa, 27 Juli 2010

Title Post [Judul Artikel], Salah Satu Faktor Penentu Terindeksnya Blog

Pernah tidak teman-teman sebelumnya berfikir kenapa ya koq blog saya atau salah satu artikelnya tidak terindeks sama sekali oleh search engine semisal google? Nah, jika pertanyaan tersebut pernah terbersit di pikiran teman-teman, maka dan mungkin jadi salah satu faktornya adalah SALAH dalam menentukan Title Pots [Judul Artikel].

Hal ini memang sepele dan sering dicuekin oleh sebagian blogger, tapi jangan diabaikan, ingat Title Post menjadi alamat URL artikelnya yang nantinya akan di crawll oleh robot search engine. Pengalaman saya selama saya blogging dan yang selalu saya perhatikan bahwa alamat URL artikel itu adalah sebuah rumus sederhana yang akan menentukan keberadaan blog teman-teman di halaman search engine.

Rumusnya seperti ini: (contoh salah satu URL artikel saya)

http://cantik-2013.blogspot.com/2010/07/cara-membuat-nomor-urut-komentar-di.html


Coba teman-teman lihat, setelah http://cantik-2013.blogspot.com/2010/07/.....itu terdapat kata-kata yang dipisahkan oleh tanda minus (-) yang biasanya terdiri dari 5-6 kata: cara-membuat-nomor-urut-komentar-di.html

Nah, kata yang terdiri dari 5-6 kata yang dipisahkan oleh tanda minus itu adalah KEYWORD pertama yang akan di crawll oleh robot search engine (selain menaruh tambahan keyword di dalam artikel). Yang menjadi keyword dalam url itu adalah Title Post [Judul Artikel] nya.

Terus pertanyaannya, lha hubungannya apa antara Title Post dengan Search Engine?

Ok, ingat tidak ketika kita akan mencari suatu artikel lewat search engine, kita pasti menuliskan kata-kata keyword yang sesuai dengan artikel yang akan kita cari. Nah, kita selaku owner blog yang sedang berupaya mengoptimalkan web blog harus bisa menebak kata-kata apa (keyword apa) yang akan pengunjung ketikkan sebagai keywordnya, yang nantinya tebakan keyword itu akan menjadi Title Post (Judul Artikel) nya.

Misal dan memang umum sering dipergunakan, saya contohkan ketika kita akan mencari artikel seputar tutorial blog, pastinya kita akan mengetikkan beberapa kata semisal: cara membuat "...", cara memasang "...", apa itu "...", pengertian "..." dan lain sebagainya. [Untuk jenis blog yang lain juga sama, hanya keywordnya saja yang berbeda]

Prakteknya seperti ini:

Coba cek salah satu artikel dari blog saya ini "Cara Membuat Nomor Urut Komentar" atau "Membuat Nomor Urut Komentar" yang notabene menjadi Title Post nya dengan search di google, lebih jelasnya lagi coba lihat pict di bawah ini.

Keyword "Cara Membuat Nomor Urut Komentar" --> halaman pertama peringkat 1 dari total result sekitar 317,000 hasil (0.20 detik)




Keyword "Membuat Nomor Urut Komentar" --> halaman pertama peringkat 2 dari total result sekitar 2,880,000 hasil (0.17 detik)




Nah, bisa teman-teman bayangkan apabila artikel teman-teman itu bagus dan berbobot yang seharusnya bisa menempati halaman pertama search engine tapi karena salah dalam menentukan Title Post [Judul Artikel] akhirnya tidak bisa bersaing dalam pencarian search engine.


Silahkan saja cek beberapa artikel saya lainnya, misal dengan keyword yang saya buat sebagai Title Post (cukup lama juga saya menebak kira-kira apa ya yang akan pengunjung ketikkan dan yang akan saya buat menjadi Judul Artikelnya): "Off Page Optimasi", "Cara Membuat Google Translate", "Menambah Emoticons Cbox, "Daftar Isi Scroll" dan lain sebagainya.


Ok, saya pikir semua owner blog PASTI MAU bahwa setiap artikelnya bisa nampang manis di halamannya search engine, entah itu halaman 1, 2 dan seterusnya, minimal terindeks secara baik oleh robot search engine (tidak perlu munafik apabila itu buat owner blog yang mengejar page rank dan popularitas blog).


Nah, seperti yang saya utarakan di atas, bahwa ketika teman-teman salah dalam menentukan Title Post [Judul Artikel] yang notabene menjadi keyword pertama yang akan di crawll, maka bisa saya pastikan artikel blog teman-teman tidak akan bisa menempati halaman-halamannya search engine semisal google. Tidak percaya? Silahkan dibuktikan saja, ya kecuali teman-teman menggunakan teknik Black Hat SEO yang sebelumnya telah saya postingkan.


Caranya ???


1. Sebelum membuat Title Post [Judul Artikel], maka sebaiknya kita bermain tebak-tebakkan sambil berimajinasi sendiri kata-kata apa yang akan pengunjung ketikkan,

2. Jika sudah ketemu, maka jadikan lah kata-kata tersebut sebagai Title Post [Judul Artikel] nya,

3. Ingat rumus yang di atas, kata-kata yang dipisahkan dengan tanda minus itu adalah Title Post yang telah diuraikan sedemikan otomatisnya oleh sistem search engine (hanya terdiri dari 5-6 kata), jadi pergunakanlah 5-6 kata pertama itu secara baik dan benar,

4. Selain itu juga, tempatkanlah keyword utama di awal paragraph pertama, tengah dan akhir tentunya dengan dibuat Bold atau cetak miring (jangan banyak-banyak, ntar dikira SPAM).


Ok, seperti itulah penjelasan saya tentang Title Post [Judul Artikel], Salah Satu Faktor Penentu Terindeksnya Blog. Masih banyak faktor lainnya sebagai pendukung optimalnya blog di mata search engine, bisa teman-teman lihat di bagian artikel terkait di bawah postingan ini. Jika masih ada yang kurang mohon dimaafkan dan silahkan tinggalkan komentar teman-teman. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua, salam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar