Minggu, 04 Juli 2010

Cara Custom (Mengganti) Domain Blogspot Menjadi CO.CC

Tutorial blog kali ini saya akan membahas tentang Bagaimana Cara Custom (Mengganti) Domain Blogspot Menjadi CO.CC. Seperti yang kita tahu CO.CC adalah salah satu penyedia domain gratis untuk sebuah blog atau web. Penggunaannya juga cukup mudah dan terbilang simple.

Nah, bagi teman-teman yang sudah memiliki akun blog di blogspot, tidak ada salahnya jika ingin custom domain ke CO.CC, selain gratis dengan custom domain maka homepage Url akan lebih pendek bukan lagi menjadi http://namablog.blogspot.com tetapi berubah menjadi http://www.namablog.co.cc, menarik bukan?

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum teman-teman ingin meng-Custom domain menjadi CO.CC:

1. Jika blog utama teman-teman yang masih menggunakan domain blogspot.com telah mendapat Alexa ranking yang sudah bagus dan sudah terbilang bagus dalam pencarian search engine, maka akan terjadi sedikit penurunan ranking karena adanya perubahan url. Sehingga bisa saya katakan teman-teman akan mulai dari awal lagi untuk promosi blog dan lain sebagainya, tetapi hal itu tidak lama asalkan alexa ranking belum terlalu tinggi,
2. Domain hanya berlaku gratis 1 tahun, setelah itu bayar (untuk commercial) dan bisa diperpanjang gratis untuk personal.

Solusinya ketika teman-teman ingin meng-Custom domain blogspot menjadi CO.CC adalah:

1. Buat blog baru, anggap saja blog baru ini adalah Dummy Blog yang akan menyokong blog utama yang masih menggunakan domain blogspot, malah lebih sip, selain blog utama mendapat backlink, traffik pengunjung pun akan lebih meningkat,
2. Jika jumlah artikel masih di bawah 10 (blog baru yang baru berumur kurang dari 2 minggu/1 bulan), maka perubahan alexa ranking masih belum menjadi masalah, artinya blog utama bisa langsung di custom ke CO.CC.

Ok, buat teman-teman yang ingin mencoba Custom (mengganti) Domain Blogspot Menjadi CO.CC, ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

1. Mendaftar di CO.CC (bagi teman-teman yang belum memiliki akun)
:

a. Langsung menuju ke CO.CC
b. Pada halaman depan sudah tersedia kotak untuk cek nama domain yang ingin kita gunakan,
c. Isi nama domain yang teman-teman inginkan, misal: www.blogmasangga.co.cc,


lihat pict



d. Lalu klik tombol "check availability",
e. Jika sudah maka klik "continue to registration",
g. Jika teman-teman belum memiliki akun di CO.CC, teman-teman tinggal klik tulisan "Create an account now" yang ada di bagian bawah.
h. Isi formulir pendaftaran sesuai keperluan dan beri tanda centang pada tulisan "I accept the Terms of Service".
i. Setelah itu klik tombol "Create an account now".

2. Setting Domain di CO.CC
:

a. Setelah teman-teman mendaftar akun di CO.CC, langkah selanjutnya adalah setting domain,
b. Klik Set up,
lihat pict


c. Setelah klik Set up, maka teman-teman akan di bawa ke bagian Manage Domain,

d. Pada bagian Manage Domain, teman-teman hanya perlu klik pada menu Zone Record,


lihat pict



e. Pada menu Setting Zone Record, teman-teman isi pada HOST dengan nama domain yang tadi teman buat, misal www.blogmasangga.co.cc (ingat pake www.), TTL pilih 1D, Type pilih CNAME dan terakhir Value tulis ghs.google.com, dan tinggal klik set up.


lihat pict



Jika sudah selesai di bagian setting di CO.CC, maka sementara waktu kita tinggalkan dulu dan kita langsung setting di blogger.


3. Setting Domain CO.CC di Blogger
:

a. Login ke akun blogger teman-teman,
b. Pilih Setting/Pengaturan >> Publish/Publikasikan

c. Klik Custom Domain,

lihat pict



d. Klik Switch to Advanced Settings,

lihat pict



e. Pada bagian Advanced Settings, teman-teman masukkan nama domain di bagian Your Domain dengan nama domain baru yang tadi dibuat (pakai www), pada bagian Use a missing files host? pilih NO, dan selanjutnya isi Word Verification, dan terakhir klik Save Settings. Selesai.


lihat pict



Kira-kira seperti itulah Cara Custom (Mengganti) Domain Blogspot ke CO.CC, untuk melihat contoh blog saya yang custom domain ke CO.CC klik www.blogmasangga.co.cc (masih baru, masih kosong, hanya untuk contoh tutorial saja).


Note: Perubahan domain ini akan sedikit memerlukan waktu agar bisa diakses, paling lama 2 x 24 jam (2 hari) dan ada juga yang kurang dari 1 jam, tapi punya saya setelah setting sudah bisa langsung di akses. Untuk cara memperpanjang domain CO.CC yang akan habis masa expirednya, di tunggu aja artikel selanjutnya. Ok, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar