Sabtu, 03 Juli 2010

Cara Menjaring Pengunjung Khusus Indonesia Menggunakan Geographic Target

Banyak cara bagi kita selaku owner blog untuk mengoptimalkan pencarian artikel di search engine oleh para pengunjung agar blog bisa terkunjungi. Nah, penyempitan pada target pengunjung tentunya akan memaksimalkan target pengunjung yang ingin kita capai.

Beberapa dari sobat blogger mungkin masih berfikiran ingin sukses ngeblog dengan bersaing dengan blogger luar negeri, saya pikir sih itu wajar-wajar saja dan tidak ada salahnya, tetapi bagi saya pribadi yang hanya menguasai bahasa indonesia dan memiliki keterbatasan ilmu harus berfikir lebih keras bagaimana agar blog yang berbahasa Indonesia ini dan berasal Indonesia ini bisa tetap bersaing tetapi hanya bersaing dengan sobat blogger yang juga dari Indonesia saja.

Saya memiliki pemikiran yang sederhana, jika kita bisa menyempitkan target pengunjung, maka hasil yang didapatkan akan lebih maksimal, tidak dengan target yang luas tetapi hasil nol.

Tentunya juga dengan perhitungan dan pengaruh dari penggunaan keyword yang tepat dan artikel berbobot agar blog bisa bersahabat dengan search engine dan bisa bersaing untuk mendapat posisi di halaman pertama search engine, tentunya juga harus bisa memperhatikan hal SEO lainnya mengenai onpage optimasi dan offpage optimasi.

Faktor lainnya yang harus kita perhatikan adalah adanya pengalihan otomatis alamat Url ketika ketika mengetikkan alamat google.com maka akan langung menuju ke google.co.id (google indonesia), hal ini juga semakin membuktikan bahwa jika keyword yang diketikkan berbahasa indonesia maka kita akan menemukan blog-blog dari Indonesia karena google secara otomatis mendeteksi lokasi pengguna blog.

Akan terlihat merugi (bagi saya) apabila blog saya yang berasal dari Indonesia dan berbahasa Indonesia ini memiliki pengunjung paling banyak dari Indonesia tetapi belum menargetkan pengunjung secara optimal.

Bisa teman-teman bayangkan ketika ada pengunjung yang sedang mengetikkan suatu keyword di search engine di mana blog kita juga ada keyword yang nyangkut, tetapi karena kita belum mengoptimalkan target pengunjung, blog kita di sejajarkan dengan blog luar negeri (masih setting global) dan blog kita terpelanting ke halaman 10 google, sadis bukan?

Ok, di sini saya ingin mengajak teman-teman semua (jika mau) untuk mengoptimalkan blog agar bisa Menjaring Pengunjung Khusus Indonesia Menggunakan Geographic Target Webmaster Tool. Cara-caranya bisa teman-teman lakukan sesuai dengan langkah-langkah di bawah ini:

1. Masuk ke google webmaster tools,

2. Lihat pada kolom di sebelah kiri >> klik Site Configuration,

lihat pict


3. Klik pada bagian Setting,

4. Teman-teman hanya perlu fokus pada bagian Geographic target,


lihat pict



5. Pilih target Indonesia,

6. Jika sudah tinggal klik save dan selesai
.

Seperti itulah cara Menjaring Pengunjung Khusus Indonesia Menggunakan Geographic Target Webmaster Tool, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar