Selasa, 15 Juni 2010

Cara Mudah Setting Modem Sierra 881u Agar Tetap Mendapat Sinyal 3G HSDPA

Berdasarkan pengalaman pribadi saya yang saat ini memakai Modem Sierra 881u untuk melakukan aktivitas di internet, mendapatkan sinyal 3G HSDPA sangatlah penting. Hal itu akan berpengaruh pada cepat atau lambat nya saat kita akan melakukan browsing di internet.

Namun di sini ada beberapa pertimbangan lainnya yang akan tetap mempengaruhi cepat atau lambatnya koneksi kita saat browsing, tapi setidaknya dengan adanya sinyal 3G HSDPA akses kita bermain internet lebih cepat:



1. Lokasi kita menggunakan akses internet,
2. Kartu GSM untuk akses internet,

3. Kuota kartu GSM yang digunakan.


Sebagai acuan, saat ini saya menggunakan Modem Sierra 881u dan kartu GSM Indosat IM2 broombastis dengan kuota perbulan 3Gb dan menggunakan software Sierra Wireless Wacthes untuk memantau sinyal 3G yang didapat. Untuk jenis kartu yang lainnya juga sama.

Secara default, settingan di Sierra Wireless Wacthes >> Options >> Network >> Network Setting (Frequency Band) adalah Automatic. Hal ini akan membuat sinyal naik turun, kadang-kadang hanya dapat sinyal 2G/EDGE. Tentunya teman-teman tahu donk akibatnya kalau hanya mendapatkan sinyal 2G alias EDGE ?


Ada cara untuk mensiasati hal itu, ikuti cara-cara di bawah ini, mudah kok:


1. Setelah masuk ke Sierra Wireless Wacthes, klik tombol Options >> Network >> Network Setting (Frequency Band),


2. Nah di bagian Network Setting ada pilihan jenis Frequency Band, seperti: 3G 850/1900, 2G 850/1900, 2G All, 3G All dan Automatic,
Lihat pict


3. Teman-teman tinggil pilih yang 3G All, lalu klik apply dan ok, selesai, mudah bukan ?

Note: Di sini akan ada resiko yang berdampak pada batere modem yang akan cepat gemuk/ menggelembung, karena modem akan dipaksa terus untuk mencari sinyal 3G HSDPA.
Tapi itu dikembalikan lagi ke teman-teman semua mau tetap menggunakan cara ini atau tetap default (Automatic) dan sinyalnya ga stabil, hehehe.

Saya pribadi pake cara ini, walaupun batere modemnya sudah mulai terlihat gemuk tapi saya tetap nyaman browsing internet sambil urusin blog, lagian harga batere modemnya cuma Rb.75.000 koq (@ Jogja), setimpal dengan hasil yang didapat, hahaha ...

Selamat mencoba Setting Modem Sierra 881u Agar Tetap Mendapat Sinyal 3G HSDPA !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar