Kamis, 24 Juni 2010

Belajar Mengenal Blog Nofollow

Hari ini saya sedikit kehabisan ide buat posting tutorial blog, sebagian besar juga sudah ditulis oleh pakar-pakarnya, alhasil 2 hari blog ini tanpa ada artikel baru. Melihat artikel tentang SEO saya baru sekedar dasarnya saja, akhirnya saya punya ide untuk menulis artikelnya.

Berhubung saya juga sedang semangatnya belajar tentang SEO maka tulisan kali ini mengenai "Belajar Mengenal Blog Nofollow", ya mungkin bagi teman-teman semua sudah tidak asing lagi bukan mendengar istilah tersebut bukan ? Secara default penggunaan blog dengan domain blogspot adalah Nofollow, pertanyaannya apa itu Nofollow?


1. Pengertian Blog Nofollow


Nofollow adalah atribut HTML dalam sebuah blog yang berfungsi untuk memerintahkan search engine agar tidak melihat sebuah link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya. Kenapa demikian? Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingginya aktivitas spam apda mesin pencari dan mencegah terjadinya spamdexing. Atribut HTML blog Nofollow adalah rel=”nofollow” atau rel=”external nofollow.


Artinya, ketika teman-teman semua memberikan komentar dan bertukar link dengan blog yang berstatus Nofollow, maka link Url blog teman-teman yang ditanamkan di sana tidak akan ditelusuri oleh search engine. Namun link yang tertanam akan tetap dapat diklik menuju halaman blog link yang dimaksud.


Nah, bagi teman-teman semua yang sedang giat-giatnya mencari backlink untuk menaikkan pagerank blognya kemungkinan besar akan rugi jika berkunjung dan menanamkan linknya di sana, karena search engine tidak menghitung link tersebut. Padahal bagi sebuah blog baru (seperti blog saya ini), peran backlink sangatlah penting dan sangat berpengaruh terhadap peningkatan ranking dari blog kita.


2. Kelebihan Blog Nofollow


a. Berbicara tentang kelebihan, tentunya pasti ada, bisa teman-tebak dari penjelasan di atas kenapa masih ada sebagian blogger yang tetap mempertahankan status Nofollownya. Yups, selain untuk mencegah terjadinya spaming hal ini juga untuk menghindari terjadinya penggemukan link yang rusak dan terlarang,

b. Blog yang default lebih disenangi oleh search engine, selain konten isi blognya orisinil, blog tersebut juga SEO friendly,

c. Bisa saya katakan, 75% komentar yang diberikan oleh para pengunjung lebih ada hubungannya dengan artikel yang dibuat, jadi bukan sekedar "PERTAMAAAX GAN" atau "NICE INFO",

d. Untuk pagerank akan lebih stabil, tidak akan naik terlalu cepat dan tidak turun juga secara drastis, apalagi si empunya blog bisa mempertahankan untuk selalu update artikel min 1 artikel untuk 1 hari.


3. Kekurangan Blog Nofollow


a. Jelas yang pertama kali terlihat adalah blognya akan sepi komentar dan pengunjung, karena para pengunjung akan merasa rugi jika tidak mendapat backlink,

b. Blog tidak akan terjadi peningkatan traffic secara tajam untuk peningkatan ranking Alexanya,


4. Kesimpulan


Berhubung artikel ini to be continued (bersambung), maka kesimpulannya saya buat di artikel selanjutnya yang membahas tentang "Belajar Mengenal Blog Dofollow".


Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua, selamat membaca dan jika ada kekurangan mohon dimaafkan, silahkan tinggalkan komentarnya untuk melengkapi kekurangan dari artikel ini, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar