Senin, 14 Juni 2010

Cara Mudah Membuat Label di Blogspot

Label dalam suatu blog merupakan nama induk/kategori postingan yang sejenis pada bidang tertentu (terkait satu sama lainnya/ada hubungan), yang nantinya akan mempermudah kita dan orang lain yang berkunjung ke blog kita untuk mencari atau membaca artikel yang kita buat.

Nah, buat teman-teman yang belum tahu atau lupa cara membuatnya bisa membaca artikel berikut ini.

1. Cara Membuat Label

Pada saat pertama kali kita membuat postingan, maka di bawah editor Blogspot kolom bawah bisa kita langsung membuat nama Label yang kita inginkan.

Lihat pict 1


Ada kolom khusus "Label Untuk Entri Ini/Labels for This Post", di situ dan teman-teman bisa langsung menulis nama Label sesuai dengan kategori artikel yang diinginkan, misal mengenai Tutorial Blog. Untuk Label yang lainnya, langkah-langkah yang harus dilakukan sama.

2. Cara Menempatkan Label di Sidebar Blog


Langkah selanjutnya ketika kita sudah selesai membuat Label untuk semua artikel kita, langkah berikutnya yaitu bagaimana menempatkan Label tersebut di sidebar blog, agar ketika ada orang yang berkunjung mereka semua akan dimudahkan untuk mencari artikel yang mereka cari sesuai dengan Label atau kategorinya masing-masing. Cara-caranya adalah sebagai berikut:

Masuk ke halaman "Rancangan/Templates", kemudian cari di sidebar ada kotak dengan nama "Tambah Gadget/Add Page Element", teman-teman klik kotak tersebut.

Lihat pict 2


Setelah itu akan muncul halaman baru "Tambahkan Gadget/Chose New Page Element", scrol ke bawah lalu pilih "Label", selanjutnya teman-teman tinggal klik "Tambahkan ke Blog/Add To Blog".

Lihat pict 3

Selanjutnya akan muncul halaman baru untuk menkonfigurasi Label itu. Pada bagian ini teman-teman tinggal setting tampilan Label yang akan ditampilkan seperti apa tampilannya, dimulai dari setting penyortiran berdasarkan Huruf (Alphabetically) atau banyaknya artikel (Frequency).

Apabila langkah-langkah semua ini sudah dikerjakan, maka untuk melihat tampilan Label teman-teman bisa klik "View Blog".

Lihat pict 4


Kira-kira seperti itulah Cara Mudah Membuat Label di Blogspot, selamat mencoba. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar